Artikel Pilihan

Musik

Kesehatan

Tips & Triks

Info Bisnis Terbaru

Hot Video

Media Islam

Home » , , » Pil K.B. Bisa Menyebabkan Kematian!

Pil K.B. Bisa Menyebabkan Kematian!



Hal : "PIL KB"

Mungkin sebaiknya kaum perempuan harus lebih waspada dan jeli untuk mengonsumsi Pil K.B.
Walaupun Katanya
Kontrasepsi oral atau Pil K.B. relatif aman dan mudah digunakan bagi perempuan yang ingin mengendalikan kehamilan. Tapi ternyata tidak semua perempuan cocok dengan Pil K.B. Jangan sampai Pil K.B. membuat nyawa melayang.

Penggunaan Pil K.B. kembali mendapat sorotan setelah meninggalnya seorang karyawan bank HSBC di Inggris, Jenna Morris (28 tahun) pada Februari 2010. Jena adalah calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan di akhir tahun ini dengan tunangannya Luke Hawson.

Selama 10 tahun terakhir, Jenna rutin mengonsumsi Pil K.B. dan kematiannya ini pun berhubungan dengan konsumsi Pil K.B.-nya yang dilakukan dalam jangka waktu lama.

Seperti dilansir dailymail, Sabtu (10/4/2010), di hari kematiannya Jenna mengeluhkan nyeri dan sakit di kakinya. Rupanya setelah dideteksi itu adalah gejala Trombosis Vena Dalam atau Deep Vein Thrombosis (DVT) yaitu pembekuan darah yang menyebabkan aliran darah tak lancar.

Pemeriksaan post-mortem kemudian mengungkapkan Trombosis Vena Dalam yang dialaminya disebabkan oleh Pil K.B. DVT yang menyerang kakinya dengan cepat menyebar ke paru-paru yang membuat nyawanya tak tertolong.

Padahal satu minggu sebelum kematiannya, dokter menduga Jenna terkena batu ginjal. Rupanya scan yang dilakukannya tidak bisa mendeteksi penyakit pembekuan darah akibat Pil K.B.

Pil K.B. memang ampuh mengendalikan hormon estrogen dan progestogen perempuan yang berfungsi mencegah produksi indung telur setiap bulan. Tapi Pil K.B. juga memiliki efek samping yang salah satunya penyakit gumpalan darah yang berbahaya.

National Health Service (NHS) Inggris mengakui hormon estrogen dalam Pil K.B. dapat menyebabkan darah lebih mudah membeku. Jika pembekuan darah ini berlanjut bisa menyebabkan DVT.

Namun risiko DVT karena konsumsi Pil K.B. sangat kecil hanya 15 dari 100.000 wanita. Risiko DVT lebih besar justru lebih banyak terjadi pada ibu hamil.

Siapa saja yang tak boleh menggunakan Pil K.B. ?
  1. Pil K.B. sebaiknya tidak dikonsumsi bagi perempuan yang berisiko mengalami pembekuan darah.
  2. Wanita yang berusia di atas 35 tahun
  3. Perempuan obesitas
  4. Perempuan perokok
  5. Perempuan diabetes
  6. Perempuan yang memiliki riwayat keluarga yang terkena pembekuan darah
  7. Perempuan yang punya tekanan darah tinggi
  8. Perempuan yang memiliki migrain parah
  9. Perempuan yang ingin operasi sendi atau varises sebaiknya berhenti minum pil KB 4 minggu sebelum operasi.

Penggunaan Pil K.B. juga sebaiknya dihentikan dulu jika mengalami tanda-tanda berikut:
  1. Nyeri hebat pada daerah perut
  2. Sulit bernapas dan sakit di dada
  3. Pusing dan lemah
  4. Pandangan menjadi kabur
  5. Sakit pada paha dan betis

Sumber : health . detik . com
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

1 comments:

Anonim mengatakan...

memang KB itu hukumnya haram karena bisa memodhorotkan tubuh dan secara tidak langsung melakukan pembunuhan terhadap janin.
memang dibolehkan memakai KB asal ada alasan yang jelas dan tidak melanggar syar'i

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. Anak Indonesia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Anak Indonesia